Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah

Email Cetak

KANTOR DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN PROBOLINGGO
Jl. Achmad Yani No. 11 Probolinggo
Telp. 0335 - 433 378

STRUKTUR ORGANISASI
Kepala Dinas : Drs.H. M. Sidik Widjanarko, MM.
Sekretaris : Radi, SH., M.Hum.
Kasubbag. Umum dan Kepegawaian : Lililk Susiati, S.Sos.
Kasubbag. Keuangan : Eni Sri Wahyuni
Kasubbag. Perencanaan : Anang Perdana, S.Sos.
Kepala Bidang Permodalan dan Pengendalian : Dra. Umu Fatmah, MM.
Kasi. Permodalan : Drs. Ec. Djarot Indri Sujasa
Kasi. Pengendalian : Lilik Nurlia, S.Sos.
Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumberdaya Manusia : Setiadi Agus Prakoso, SH.M.Hum.
Kasi. Kelembagaan : RR. Hartati Sulistyowati, SH., M.Si.
Kasi. Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia : Josef Teguh Sulaksono, SE.
Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi : S.P Eduard Nahumury, SE., M.Si.
Kasi. Usaha Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan : Soegeng, SE., M.Si.
Kasi. Usaha Perdagangan, Industri dan Pertambangan : Hertin Lidiana, S.Sos.
Kepala Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah : Drs. Bambang Supriadi, MM.
Kasi. Pengembangan Kerjasama dan Informasi Bisnis : Dra. Wiwik Sri Hidayati
Kasi. Pengembangan Kewirausahaan : Totok Suyanto, S.Sos.

PROGRAM RPJMD
Visi
Terwujudnya Kabupaten Probolinggo yang sejahtera, berkeadilan, mandiri, berwawasan lingkungan, dan berakhlak mulia.

Misi
Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi yang berbasis kerakyatan, dan optimalisasi pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. (Rumusan ini merupakan misi yang nomor 1 dari 2 misi).

Tujuan
Meningkatnya perekonomian daerah. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 1 dari 5 tujuan).

Sasaran
(a). Peningkatan ketahanan pangan melalui optimalisasi produksi pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 1 dari 7 sasaran), (b). Peningkatan perekonomian daerah melalui optimalisasi usaha sektor riil. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 2 dari 7 sasaran).

Program RPJMD
(a). Program pengembangan kawasan agropolitan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 1 dari 32 program), (b). Program pengembangan ekonomi lokal partisipatif. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 6 dari 32 program), (c). Program pengembangan Koperasi dan UKM. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 7 dari 32 program).

Program Satker (SKPD)
(a). Program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah, (b). Program peningkatan kualitas kelembagaan dan usaha koperasi, (c). Program pengembangan klaster bisnis, (d). Program pengembangan sistem pendukung usaha bagi usaha mikro kecil, (e). Program peningkatan kapasitas kelembagaan dan akses UMKM pada lembaga keuangan, (f). Program pengembangan kemitraan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dibidang  koperasi, usaha kecil dan menengah.
Untuk melaksanakan tugas, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah mempunyai fungsi : (a). Perumusan perencanaan, kebijakan teknis, pelaksanaan dan pengendalian dibidang koperasi, usaha kecil dan menengah, (b). Pemberian pembinaan dan rekomendasi perijinan bidang koperasi, usaha kecil dan menengah, (c). Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Susunan Organisasi
Susunan Organiasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah terdiri dari :
(a). Kepala Dinas, (b). Sekretarat, (c). Bidang Kelembagaain  Koperasi dan Sumber Daya Manusia, (d). Bidang Bina Usaha Koperasi, (e). Bidang Permodalan dan Pengendalian, (f). Bidang Permodalan dan Pengendalian, (g). Kelompok Jabatan Fungsional.
Sekretariat dan Bidang, masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris dan Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada kepala Dinas.

Sekretariat
1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi urusan surat menyurat, kepegawaian, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, protokol, hubungan masayarakat, pemeliharaan, penyusunan program, perencanaan dan laporan dinas.
2. Untuk melaksanakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi : (a). Penyiapan bahan dalam rangka penyusunan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan, (b). Pelaksanaan pembinaan organisasi dan tata laksana, (c). Pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan organisasi, (d). Pengelolaan urusan rumah tangga surat menyurat dan kearsipan, (e). Penyiapan data informasi, kepustakaan, hubungan masyarakat, (f). Pelaksanaan tugas pokok sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat, membawahi :
(a). Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, (b). Sub Bagian Keuangan, (c). Sub Bagian Perencanaan.
Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Sub Bagian:
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

(a). melaksanakan urusan ketatausahaan, pengetikan, penggandaan dan tata kearsipan, (b). menyusun rencana kebutuhan, pemeliharaan, perlengkapan dan peralatan kantor, (c). melakukan pengembangan infrastruktur pangan dan tugas keprotolan serta perjalanan dinas, (d). melakukan kegiatan pemberian informasi dan hubungan masyarakat, (e). menyusun dan memelihara data administrasi kepegawaian serta data kegiatan yang berhubungan dengan kepegawaian, (f). menyiapkan data dan informasi kepegawaian, (g). memproses tentang kedudukan hukum pegawai dan upaya peningkatan kemampuan pegawai, (h). melaksanakan kegiatan-kegiatan dokumentasi kepegawaian, (i). Melaksanakan tugas pokok lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :
(a). melakukan penghimpunan data dan menyusun Anggaran belanja langsung dan anggaran belanja tidak langsung, (b). melakukan pengelolaan keuangan, (c). melakukan pembayaran gaji pegawai dan pembayaran keuangan lainnya, (d). menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, (e). mengurus keuangan perjalanan dinas dan menyelesaikan tuntutan ganti rugi, (f). melaksanakan tugas pokok lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas :
(a). menghimpun bahan dalam rangka penyusunan program pembinaan dan pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah, (b). menyusun program pembinaan dan pengembangan koperasi, usaha kecil dan menengah, (c). melakukan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan program, (d). mengumpulkan dan menyusun dokumentasi data dan pertaturan perundang-undangan serta hasil pembangunan, (e). melaksanakan tugas  lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya Manusia
1. Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas menyusun program dan kegiatan, melaksanakan upaya pembinaan kelembagaan dan tatalaksana, hukum dan penyuluhan serta pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya Manusia mempunyai fungsi: (a). pengumpulan dan penyiapan bahan serta penyusunan rencana kegiatan pembangunan dan pengembangan kelembagaan koperasi dan sumber daya manusia koperasi, (b). penyusunan pedoman pembinaan hukum, kelembagaan, ketatalaksanaan serta manajemen koperasi, (c). pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pengembangan kelembagaan koperasi dan sumber daya manusia koperasi, (d). pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan, (e). pelaksanaan tugas lain yang diberikan  oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya Manusia, membawahi :
(a). Seksi Kelembagaan, (b). Seksi Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya Manusia.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Kelembagaan, mempunyai  tugas :

(a). melakukan penyiapan bahan dan penyusunan rencana kegiatan pembinaan organisasi dan tatalaksana koperasi, (b). melakukan kegiatan pembinaan organisasi dan tatalaksana koperasi, (c). melakukan kegiatan klasifikasi dan sertifikasi koperasi, (d). menghimpun dan mensosialisasikan peraturan perundang-undangan dibidang koperasi, usaha kecil dan menengah, (e). melakukan proses pengajuan permohonan akte pendirian badan hukum koperasi dan pengesahannya, (f). melakukan penyusunan pedoman teknis tentang kerjasama antar koperasi dengan badan usaha lain serta penggabungan, peleburan, pemisahan dan pembubaran koperasi, (g). melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap pertumbuhan serta perkembangan koperasi, (h). melakukan tugas  lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya manusia  sesuai dengan tugasnya dan fungsinya.

Seksi Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas :
(a). menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia koperasi, (b). melakukan kegiatan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia koperasi, (c). melakukan pendidikan dan latihan serta kursus-kursus dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan Sumber Daya manusia  sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Bina Usaha Koperasi
1. Bidang Bina Usaha Koperasi mempunyai tugas dan melaksanakan kebijakan dalam rangka pengembangan, kebijakan dan pengawasan usaha koperasi.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Bina Usaha Koperasi mempunyai fungsi : (a). penyiapan dan pengumpulan bahan serta penyusunan rencana kegiatan dalam pembangunan dan pengembangan usaha koperasi, (b). pelaksanaan pembinaan, evaluasi serta bimbingan usaha koperasi, (c). pengawasan usaha dan manajemen koperasi, (d). pelaksanaan fasilitasi pengembangan usaha koperasi, (e). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bidang Bina Usaha Koperasi membawahi ;
(a). Seksi Usaha Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan, (b). Seksi Usaha Perdagangan, Industri dan Pertambangan.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Usaha Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan, mempunyai tugas :
a). menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan kebijakan usaha dibidang pertanian,  perkebunan, perikanan dan peternakan, (b). melakukan pembinaan dan bimbingan usaha koperasi dibidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan, (c). melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap usaha dan manajemen koperasi disektor pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi sesuai dengan  tugas dan fungsinya.

Seksi Usaha Perdagangan, Industri dan Pertambangan, mempunyai tugas :
(a). menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan usaha koperasi disektor perdagangan, industri dan pertambangan, (b). menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan pedoman tata cara penyertaan modal pada sektor perdagangan, industri dan pertambangan, (c). melakukan pembinaan, evaluasi dan pengendalian terhadap kegiatan lembaga simpan pinjam, (d). melakukan evaluasi serta pengawasan terhadap usaha dan manajemen koperasi di sektor perdagangan, industri dan pertambangan, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Bina Usaha Koperasi sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Permodalan dan Pengendalian
1. Bidang Permodalan dan Pengendalian mempunyai tugas melakukan pembinaan, pengembangan dan pengendalian terhadap permodalan koperasi, usaha kecil dan menengah.
2. Untuk menyelenggarakan tugas, Bidang Permodalan dan Pengendalian mempunyai fungsi : (a). penyiapan bahan pembinaan dan pedoman dalam pengembangan dibidang permodalan dan pengendalian, (b). pembinaan, evaluasi dan pengendalian terhadap permodalan koperasi, usaha kecil dan menengah, (c). penyiapan bahan dalam rangka memfasilitasi permodalan koperasi, usaha kecil dan menengah, (d). pelaksanaan fasilitasi penjaminan koperasi, usaha kecil dan menengah, (e). pelaksanaan tugas pokok sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Kepala Dinas.

Bidang Permodalan dan Pengendalian, membawahi :
(a). Seksi Permodalan, (b). Seksi Pengendalian.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertangggungjawab kepada Kepala Bidang Permodalan dan Pengendalian.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Permodalan, mempunyai tugas :

(a). menyusun pedoman serta petunjuk teknis dalam rangka pengembangan permodalan koperasi, usaha kecil dan menengah, (b). melakukan pembinaan serta upaya fasilitasi permodalan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, (c). memantau, menganalisa serta mengevaluasi kegiatan fasilitasi permodalan, koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, (d). melakukan fasilitasi penjaminan koperasi, usaha kecil dan menengah, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Permodalan dan Pengendalian sesuai dengan  tugas dan fungsinya.

Seksi Pengendalian, mempunyai tugas :
(a). menyiapkan bahan pembinaan dan pedoman dalam rangka pengendalian permodalan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, (b). memberikan bimbingan pengendalian permodalan koperasi, usaha kecil dan menengah, (c). memantau, mengendalikan serta mengevaluasi permodalan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Permodalan dan Pengendalian  sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah
1. Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas melaksanakan kebijaksanaan teknis dalam rangka pengembangan usaha, kelembagaan dan manajemen pengusaha kecil dan menengah.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah mempunyai tugas : (a). penyiapan bahan pembinaan serta pedoman dalam pengembangan kerjasama, informasi bisnis dan pengembangan kewirausahaan usaha kecil dan menengah, (b). pelaksanaan pembinaan serta bimbingan teknis dalam usaha, informasi bisnis dan kerjasama koperasi, pengusaha kecil dan menengah dengan swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), (c). pelaksanaan pembinaan, pemasyarakatan serta pemberdayaan kewirausahaan dan pengembangan wirausaha baru, (d). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah, membawahi :
(a). Seksi Pengembangan Kerja Sama dan Informasi Bisnis, (b). Seksi Pengembangan Kewirausahaan
Masing-masing seksi dipimpin oleh seorang kepala seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Usaha Kecil dan Menengah.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Pengembangan Kerja Sama dan Informasi Bisnis, mempunyai tugas :

(a). melakukan pengumpulan serta pengolahan data dalam rangka pengembangan kerjasama dan pengembangan informasi bisnis usaha mikro, kecil dan menengah, (b). melakukan bimbingan pengembangan kelembagaan usaha mikro, kecil dan menengah serta fasilitasi kerjasama antar pengusaha kecil dan menengah, swasta, BUMN dan BUMD, (c). melakukan monitoring serta evaluasi pelaksanaan kerjasama dan informasi bisnis pengusaha mikro, kecil dan menengah, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah  sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pengembangan Kewirausahaan, mempunyai tugas :
(a). melakukan pengumpulan serta pengolahan data dalam rangka penyusunan pedoman dan petunjuk teknis tentang pengembangan kewirausahaan, (b). melakukan pemasyarakatan dan pembudayaan kewirausahaan, (c). melakukan upaya dalam rangka pengembangan wirausaha baru, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Bina Usaha Kecil dan Menengah  sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kelompok Jabatan Fungsional
1. Kelompok Jabatan Fungsional melaksanakan tugas khusus sesuai bidang keahliannya dan kebutuhan.
2. Kelompok Jabatan Fungsional terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terdiri dari berbagai kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.
3. Setiap kelompok jabatan fungsional dipimpin oleh seorang tenaga senior.
4. Jumlah tenaga fungsional ditentukan sesuai  dengan beban kerja.
5. Pembinaan terhadap tenaga fungsional dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tata Kerja
1. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Dinas wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik dilingkungan dinas maupun dengan instansi/lembaga lain yang terkait.
2. Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Koperasi, Usah kecil dan Menengah melaksanakan koordinasi pengawasan melekat.
3. Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah bertanggungjawab serta memberikan bimbingan, pedoman dan petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan.
4. Setiap pimpinan dan bawahan unit organisasi dilingkungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah wajib mengikuti dan mematuhi pedoman dan petunjuk atasan serta melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung secara berkala dan tepat waktu.

 
ANDA BERADA DI: Depan Dinas Koperasi & UKM

Login Webmail

Email
Kata Sandi

Redaksi Website

Bagian Kominfo Setda Kab. Probolinggo

  • Jalan: Raya Dringu 901 Probolinggo
  • Tel: +62335 421291
  • Fax: +62335 421292
  • Email: redaksi@probolinggokab.go.id
  • Website: Kab. Probolinggo