Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Email Cetak

KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN PROBOLINGGO
Jl. Raya Dringu No. 81 Probolinggo
Telp. 0335 - 420 829

STRUKTUR ORGANISASI
Kepala : Ir. Anung Widiarto, MM.
Sekretaris :  Sukirno, S.Sos, MM.
Kasubbag. Umum dan Kepegawaian : Endang Sulistyowati, Bc.Hk.
Kasubbag. Keuangan : Sumini, S.Sos.
Kasubbag. Perencanaan : Titiek Puspawati, S.Sos.
Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk : Indah Setyowati, S.Sos.
Kasi. Identitas Penduduk : Sri Haryati, SH.
Kasi. Mutasi Penduduk : Husen, S.Sos.
Kepala Bidang Pencatatan Sipil : Drs.Ec.Totok Susianto, M.Si
Kasi. Kelahiran dan Kematian : Lilik Sugiarti, S.Sos.
Kasi. Perkawinan dan Perceraian : M. Hirmas Syuhadi B, S.Sos.
Kepala Bidang Informasi Kependudukan : Wahyunani, S.Sos., MM.
Kasi. Pengolahan Data : Wiwik Suliyati, SE.
Kasi. Informasi : Suhartini, S.Sos.

PROGRAM RPJMD
Visi
Terwujudnya Kabupaten Probolinggo yang sejahtera, berkeadilan, mandiri, berwawasan lingkungan, dan berakhlak mulia.

Misi
Mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia melalui peningkatan kualitas pelaksanaan otonomi daerah dalam penyelenggaraan kepemerintahan yang baik dan bersih. (Rumusan ini merupakan misi yang nomor 2 dari 2 misi).

Tujuan
Meningkatkan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik dan bersih.  (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 5 dari 5 tujuan).

Sasaran
Peningkatan kualitas pelayanan publik dan pelaksanaan otonomi daerah. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 7 dari 7 sasaran).

Program RPJMD
Program penataan administrasi kependudukan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 27 dari 32 program).

Program Satker (SKPD)
Program penataan administrasi kependudukan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan dibidang kependudukan dan pencatatan sipil.
Untuk melaksanakan tugas pokok, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi : (a). perumusan perencanaan, kebijakan teknis, pelaksanaan dan pengendalian dibidang kependudukan dan pencatatan sipil, (b). pemberian pembinaan dan pelayanan dibidang kependudukan dan pencataan sipil, (c). pelaksanaan tugas lain sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi
Susunan Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terdiri dari : (a). Kepala Dinas, (b). Sekretariat, (c). Bidang Pendaftaran Penduduk, (d). Bidang Pencatatan Sipil, (e). Bidang Informasi Kependudukan, (f). Kelompok Jabatan Fungsional ;
Sekretariat dan Bidang-bidang, masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris dan Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Dinas.

Sekretariat
1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi urusan surat menyurat, kepegawaian, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, protokol, hubungan masyarakat, pemeliharaan, penyusunan program dan perencanaan serta laporan dinas.
2. Untuk melaksanakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi : (a). penyiapan bahan dalam rangka penyusunan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan, (b). pelaksanaan pembinaan organisasi dan tatalaksana, (c). pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan inventarisasi, (d). pengelolaan unsur rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan, (e). penyiapan data informasi, kepustakaan, hubungan masyarakat, (f). pelaksanaan perencanaan dan pelaporan kegiatan Dinas, (g). pelaksanaan tugas lain  yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat terdiri dari :
(a). Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, (b). Sub Bagian Keuangan, (c). Sub Bagian Perencanaan.
Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Sub Bagian:
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas:
(a). melaksanakan unsur kesekretariatan, tata kearsipan dan data kepegawaian, (b). menyusun rencana kebutuhan kantor dan melaksanakan pemeliharaan perlengkapan dan peralatan kantor, (c). menyusun perencanaan serta mengurus pemeliharaan dan keamanan kantor, (d). mengurus tugas keprotokolan dan perjalanan dinas, (e). melaksanakan kegiatan pemberian informasi dan hubungan masyarakat, (f). memproses tentang kedudukan hukum pegawai dan upaya peningkatan kemampuan pegawai, (g). menyiapkan bahan untuk menyusun dan menyempurnakan organisasi dan tatalaksana, (h). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :
(a). melaksanakan pengadaan sekretariat keuangan anggaran rutin dan anggaran pembangunan, (b). melaksanakan pembayaran gaji pegawai dan pembayaran keuangan lainnya, (c). menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, (d). mengurus keuangan perjalanan dinas dan menyelesaikan tuntutan ganti rugi, (e). melaksanaan tugas lain  yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas :
(a). menghimpun data dan menyusun rencana anggaran rutin dan anggaran pembangunan, (b). menyusun rencana kerja dan laporan kegiatan pertanggungjawaban dinas, (c). melaporkan kegiatan pelaksanaan pekerjaan rutin bulanan dan tahunan, (d). melaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pendaftaran Penduduk
1. Bidang Pendaftaran Penduduk mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dibidang pendaftaran penduduk.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pendaftaran Penduduk mempunyai fungsi : (a). perumusan perencanaan, kebijakan teknis, pelaksanaan dan pengendalian pendaftaran penduduk, (b). pembinaan dan pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi  kependudukan, (c). penerbitan dokumen kependudukan hasil pendaftaran penduduk, (d). penatausahaan dokumen pendaftaran penduduk, (e). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pendaftaran Penduduk, terdiri dari :
(a). Seksi Identitas Penduduk, (b). Seksi Mutasi Penduduk.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Identitas Penduduk, mempunyai tugas :

(a). memberikan pelayanan biodata penduduk dan nomor induk kependudukan (NIK), (b). memberikan pelayanan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), (c). mendata penduduk  rentan administrasi kependudukan, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk sesuai dengan tugas dang fungsinya.

Seksi Mutasi Penduduk, mempunyai tugas  :
(a). memberikan pelayanan perpindahan penduduk inter dan intra daerah serta antar negara, (b). memberikan pelayanan penerbitan Surat Keterangan Kependudukan, (c). melaksanakan tugas lain  sesuai dengan kebijakan  yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pencatatan Sipil
1. Bidang Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dibidang pencatatan sipil.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pencatatan Sipil  mempunyai fungsi : (a). perumusan perencanaan, kebijakan teknis, pelaksanaan dan pengendalian pencatatan sipil, (b). pembinaan dan pelayanan pencatatan sipil dalam sistem administrasi kependudukan, (c). penerbitan dokumen kependudukan hasil pencatatan sipil, (d). penatausahaan dokumen pencatatan sipil, (d). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pencatatan Sipil, terdiri dari :
(a). Seksi Kelahiran dan Kematian, (b). Seksi Perkawinan dan Perceraian.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang Pencatatan Sipil.

Tugas Pokok dan Masing-masing Seksi:
Seksi Kelahiran dan Kematian, mempunyai tugas :

(a). memberikan pelayanan pencatatan dan penerbitan kutipan akta kelahiran dan kematian, (b). memberikan pelayanan pencatatan dan penerbitan kutipan akta pengangkatan anak, pengakuan anak dan pengesahan anak, (c). mencatat perubahan dan pembatalan akta kelahiran dan kematian, (d). memberikan pelayanan pencatatan pewarganegaraan, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Perkawinan dan Perceraian, mempunyai tugas :
(a). memberikan pelayanan pencatatan perkawinan dan perceraian, (b). memberikan pelayanan penerbitan kutipan akta perkawinan dan perceraian, (c). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Informasi Kependudukan
1. Bidang Informasi Kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dibidang informasi kependudukan.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Informasi Kependudukan mempunyai fungsi : (a). pengumpulan, pemeliharaan serta pengolahan data hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, (b). pemberian penyuluhan dan layanan informasi data kependudukan, (c). penyiapan sarana dan prasarana Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), (d). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Informasi Kependudukan, terdiri dari :
(a). Seksi Pengolahan Data, (b). Seksi Informasi.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang Informasi Kependudukan.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing  Seksi:
Seksi Pengolahan Data, mempunyai tugas :

(a). mengumpulkan dan pengolahan data penduduk, (b). memelihara dan perlindungan data pribadi penduduk, (c). membuat data statistik dan laporan data penduduk, (d). melaksanakan hubungan antar lembaga dalam rangka pengolahan data penduduk, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi Kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Informasi, mempunyai tugas :
(a). menyiapkan bahan dan pelaksanaan pelayanan informasi kependudukan melalui media elektronik dan cetak, (b). menyiapkan bahan dan pelaksanaan penyuluhan administrasi kependudukan, (c). menyediakan peralatan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan jaringan komunikasi data, (d). melaksanakan hubungan antar lembaga dalam rangka pelayanan informasi kependudukan, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Informasi Kependudukan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kelompok Jabatan Fungsional
Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan keahliannya.
1. Kelompok Jabatan Fungsional, terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan bidang keahliannya.
2. Setiap kelompok, dipimpin oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditunjuk dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
3. Jumlah tenaga fungsional, ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
4. Jenis dan jenjang fungsional, diatur sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tata Kerja
1. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Dinas wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dengan unsur-unsur dalam lingkungan Dinas dan atau instansi/lembaga lain yang terkait.
2. Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan koordinasi pengawasan melekat.
3. Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bertanggungjawab serta memberikan bimbingan, pedoman dan petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan.
4. Setiap pimpinan dan bawahan unit organisasi dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil wajib mengikuti dan mematuhi pedoman dan petunjuk atasan serta melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung secara berkala dan tepat waktu.

 
ANDA BERADA DI: Depan Dinas Pendudukan dan Casip

Login Webmail

Email
Kata Sandi

Redaksi Website

Bagian Kominfo Setda Kab. Probolinggo

  • Jalan: Raya Dringu 901 Probolinggo
  • Tel: +62335 421291
  • Fax: +62335 421292
  • Email: redaksi@probolinggokab.go.id
  • Website: Kab. Probolinggo