Dinas PU Bina Marga

Email Cetak

KANTOR DINAS PU BINA MARGA KABUPATEN PROBOLINGGO
Jl. Kol. Sugiono No. 52 Probolinggo
Telp. 0335 - 433 631

STRUKTUR ORGANISASI
Kepala Dinas : Ir. Anggit Hermanuadi, M.Si
Sekretaris : Bahrudin, SH.M.AP.
Kasubbag. Umum dan Kepegawaian : Riskiyah, SH.
Kasubbag. Keuangan : Erli Suwandi, SH.
Kasubbag. Perencanaan : Dodik Fatchurahman, S.Sos, M.Si.
Kepala Bidang Pengendalian Operasional : Suyoto, S.Sos. MM.
Kasi. Penyusunan Program : Nike Ika Ciptaningtyas, ST., MM.
Kasi. Perencanaan Teknis dan Legger Jalan : Ruli Nasrullah, ST. M.Si.
Kasi. Pengujian Tanah dan Bahan : Arief Rakhmadi, ST. MM.
Kepala Bidang Pemeliharaan : Santoso, S.Sos, MM.
Kasi. Pemeliharaan Jalan dan Jembatan : Soehardi
Kasi. Peralatan dan Perbekalan : Suatmadi, S.Sos, MM.
Kasi. Pemanfaatan Jalan dan Jembatan : Hari Santoso
Kepala Bidang Pembangunan : R. Oemar Sjarief, S.T.
Kasi. Pembangunan Jalan : Suriham, ST.
Kasi. Peningkatan Jalan : Slamet Yuni Maryono, ST, MM.
Kasi. Pembangunan Jembatan : Novie Surachmad, ST.
PROGRAM RPJMD
Visi
Terwujudnya Kabupaten Probolinggo yang sejahtera, berkeadilan, mandiri, berwawasan lingkungan, dan berakhlak mulia.

Misi
Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi yang berbasis kerakyatan, dan optimalisasi pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. (Rumusan ini merupakan misi yang nomor 1 dari 2 misi).

Tujuan
(a). Meningkatnya perekonomian daerah. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 1 dari 5 tujuan), (b). Meningkatkan daya saing daerah. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 2 dari 5 tujuan), (c). Meningkatnya pengelolaan sumber data yang berkelanjutan. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 3 dari 5 tujuan).

Sasaran
(a). Peningkatan ketahanan pangan melalui optimalisasi produksi pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 1 dari 7 sasaran), (b). Peningkatan perekonomian daerah melalui optimalisasi usaha sektor riil. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 2 dari 7 sasaran), (c). Percepatan pembangunan infrastruktur dan investasi daerah. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 3 dari 7 sasaran), (d). Pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan bencana. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 4 dari 7 sasaran).

Program RPJMD
(a). Program pengembangan kawasan agropolitan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 1 dari 32 program), (b). Program pengembangan ekonomi lokal partisipatif. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 6 dari 32 program), (c). Program pengembangan sistem transportasi daerah. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 10 dari 32 program), (d). Program pencegahan dan penanggulangan bencana. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 16 dari 32 program).

Program Satker (SKPD)
(a). Program pembangunan jalan dan jembatan, (b). Program rehabilitasi/pemeliharaan jalan dan jembatan, (c). Program peningkatan sarpras kebinamargaan, (d). Program infrastruktur perdesaan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintah daerah dalam bidang kebina margaan.
Untuk melaksanakan tugas pokok, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga mempunyai fungsi: (a). perumusan kebijakan teknis operasional pembangunan dan pengelolaan dibidang pekerjaan umum bina marga, (b). pelaksanaan pembangunan, pemeliharaan jalan dan jembatan, (c). pemberian bimbingan dibidang bina marga, (d). pembinaan, pengawasan dan pengendalian teknis pembangunan, pemeliharaan dan pemanfaatan jalan serta jembatan, (e). pelaksanaan analisa dan evaluasi tentang fungsi dan status jalan serta jembatan, (f). pengelolaan administrasi umum, (g). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Susunan  Organisasi
1. Susunan Organisasi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga terdiri dari : (a). Kepala Dinas, (b). Sekretariat, (c). Bidang Pengendalian Operasional, (d). Bidang Pembangunan, (e). Bidang Pemeliharaan, (f). Kelompok Jabatan Fungsional.
2. Sekretariat dan Bidang-bidang, masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris dan Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Dinas.

Sekretariat
1. Sekretariat mempunyai tugas memberikan pelayanan teknis administrasi kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga.
2. Untuk melaksanakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi : (a). pengelolaan administrasi umum dan urusan umum, (b). pengelolaan administrasi kepegawaian dan kesejahteraan pegawai, (c). pengelolaan administrasi keuangan dan gaji pegawai, (d). pengelolaan administrasi perlengkapan perkantoran dan mengurus pemeliharaan, kebersihan dan keamanan cantor, (e). pengelolaan urusan rumah tangga, (f). penyiapan bahan untuk penyusunan anggaran dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan, (g). pelaksanaan tugas-tugas hubungan kemasyarakatan, (h). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas.

Sekretariat, membawahi :
(a). Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, (b). Sub Bagian Keuangan, (c). Sub Bagian Perencanaan.
Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Sub Bagian
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas :

(a). mengumpulkan bahan dan data dalam rangka penyusunan ketatausahaan dan kearsipan, (b). melaksanakan analisis kebutuhan perlengkapan kantor dan perbekalan lainnya serta  melaksanakan  pemeliharaan perlengkapan dan peralatan kantor, (c). melaksanakan dan mengurus pemeliharaan kebersihan dan keamanan kantor serta tugas keprotokolan, (d). menyiapkan data dan pengolahan administrasi kepegawaian, (e). menyiapkan proses upaya peningkatan kemampuan pegawai, (f). menyiapkan bahan untuk penyusunan dan penyempurnaan organisasi dan tatalaksana, (g). melaksanakan tugas-tugas hubungan kemasyarakatan, (h). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :
(a). mengumpulkan dan mengolah bahan dalam rangka penyusunan anggaran, (b). melaksanakan pengelolaan penatausahaan keuangan dan administrasi keuangan, (c). melaksanakan pembayaran gaji dan pembayaran keuangan lainnya, (d). melaksanakan analisis, evaluasi serta pengendalian terhadap pelaksanaan pengelolaan keuangan, (e). menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, (f). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas :
(a). mengumpulkan data dan penyiapan bahan dalam rangka penyusunan program dan rencana kegiatan, (b). menyusun program dan rencana kegiatan serta penyusunan anggaran kegiatan, (c). melaksanakan analisis dan evaluasi serta pengendalian terhadap program dinas, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang  Pengendalian  Operasional
1. Bidang Pengendalian Operasional mempunyai tugas menyusun program perencanaan teknis dan pelaksanaan pelaporan dibidang pengendalian operasional.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pengendalian Operasional mempunyai fungsi : (a). pengumpulan data dan bahan dalam rangka penyusunan program, analisa dan evaluasi pengembangan jalan, (b). pelaksanaan studi kelayakan, AMDAL dan perencanaan teknis jalan, (c). pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengkajian tanah serta bahan jalan, (d). penyelenggaraan kegiatan pengumpulan, pemutakhiran dan penyimpanan data-data mengenai jalan, (e). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pengendalian Operasional, membawahi :
(a). Seksi Penyusunan Program, (b). Seksi Perencanaan Teknis dan Legger Jalan, (c). Seksi Pengujian Tanah dan Bahan.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang Pengendalian Operasional.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Penyusunan Program, mempunyai tugas :

(a). menghimpun bahan dan data kondisi, perkembangan dan perubahan jalan serta penetapan jalan, status dan fungsi jalan, (b). melakukan kegiatan pemantauan, studi kelayakan dan AMDAL dalam rangka pengembangan jaringan jalan dan pemanfaatan jalan, (c). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Operasional sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Perencanaan Teknis dan Legger Jalan, mempunyai tugas :
(a). melakukan survey tentang struktur jalan, bentuk sifat bangunan/topologi serta melakukan rencana dan gambar mengenai geometric jalan, (b). melakukan spesifikasi teknis dan estimasi biaya terhadap pelaksanaan pembangunan dan peningkatan jalan serta jembatan, (c). mengolah, menyajikan, menyimpan, memelihara dan melakukan pemutakhiran data jalan dan jembatan, (d). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Operasional sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pengujian Tanah dan Bahan, mempunyai tugas :
(a). mengumpulkan bahan dalam rangka melaksanakan penelitian dan pengujian tentang keadaan  tanah serta bahan jalan dan jembatan, (b). melakukan pengkajian terhadap kegiatan-kegiatan penggunaan bahan jalan dan jembatan,

(c). melakukan pengujian terhadap kualitas bahan pekerjaan pembangunan jalan, (d). mengumpulkan bahan dan menyiapkan laporan dari hasil penelitian dan pengujian serta memberikan saran pertimbangan tentang keadaan tanah serta bahan jalan dan jembatan, (e). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengendalian Operasional sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pembangunan
1. Bidang Pembangunan mempunyai tugas menyusun program perencanaan teknis, pelaksanaan pelaporan dibidang pembangunan jalan dan jembatan.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pembangunan mempunyai fungsi : (a). penyiapan dan pengumpulan bahan dalam rangka penyusunan program dan estimasi biaya pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan dan jembatan, (b). pelaksanaan program kegiatan pembangunan serta peningkatan jalan dan jembatan, (c). pelaksanaan penelitian dan pengkajian dokumen teknis, pembinaan dan pengawasan kegiatan pembangunan jalan dan jembatan, peningkatan jalan dan penggantian jembatan, (d). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya..

Bidang Pembangunan, membawahi :
(a). Seksi Pembangunan Jalan, (b). Seksi Peningkatan Jalan, (c). Seksi Pembangunan Jembatan.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang Pembangunan.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Pembangunan Jalan, mempunyai tugas :

(a). mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data untuk bahan pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan, (b). menyusun pemutakhiran program-program, estimasi biaya pelaksanaan pembangunan dan peningkatan jalan, (c). melakukan kegiatan pembangunan dan peningkatan jalan, (d). melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pembangunan jalan, (e). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Peningkatan Jalan, mempunyai tugas :
(a). mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data untuk pelaksanaan kegiatan peningkatan jalan, (b). menyusun pemutakhiran program-program dan estimasi biaya pelaksanaan peningkatan jalan, (c). melakukan kegiatan-kegiatan peningkatan jalan, (d). melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian peningkatan  jalan, (e). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pembangunan Jembatan, mempunyai tugas :
(a). mengumpulkan, menghimpun dan mengolah data untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan jembatan, (b). menyusun pemutakhiran program-program dan estimasi biaya pelaksanaan pembangunan jembatan, (c). melakukan kegiatan-kegiatan peningkatan jembatan, (d). melakukan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pembangunan jembatan, (e). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang  Pemeliharaan
1. Bidang Pemeliharaan mempunyai tugas menyusun program perencanaan teknis, pelaksanaan pelaporan dibidang pemeliharaan jalan dan jembatan.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pemeliharaan mempunyai fungsi : (a). pengumpulan data dan bahan dalam rangka penyusunan program, estimasi biaya pemeliharaan jalan dan jembatan, (b). pelaksanaan program pemeliharaan jalan dan jembatan, (c). penelitian dan pengkajian dokumen teknik pemeliharaan jalan dan jembatan serta penanggulangan kerusakan jalan dan jembatan akibat bencana alam, (d). pelaksanaan pemanfaatan jalan dan pemberian rekomendasi serta perijinan penggunaan jalan, (e). pengadaan, pemeliharaan peralatan dan perbekalan, (f). pelaksanaan pembinaan dan pengendalian kegiatan, pemeiharaan, pemanfaatan jalan dan jembatan serta penanggulangan kerusakan jalan dan jembatan akbiat bencana  alam, (g). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pemeliharaan, membawahi :
(a). Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, (b). Seksi Peralatan dan Perbekalan, (c). Seksi Pemanfaatan Jalan dan Jembatan.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pemeliharaan.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, mempunyai tugas :

(a). menghimpun dan mengolah data guna pelaksanaan pemeliharaan jalan dan          jembatan, (b). menyusun pemutakhiran program pemeliharaan jalan dan jembatan, (c). melaksnakan kegiatan pemeliharaan jalan dan jembatan serta upaya penanggulangan kerusakan jalan dan jembatan akibat bencana alam, (d). menyiapkan bahan pembinaan, pengawasan dan pengendalian pemeliharaan jalan dan jembatan akibat bencana alam, (e). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemeliharaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Peralatan dan Perbekalan, mempunyai tugas :
(a). menyusun rencana kebutuhan pembekalan/peralatan termasuk alat-alat berat untuk pelaksanaan tugas pekerjaan umum bina marga, (b). mengadakan koordinasi dengan instansi terkait untuk penyusunan kebutuhan bidang perbekalan untuk pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan dan bangunan lainnya, (c). melakukan perawatan serta perbaikan segala kendaraan dan peralatan berat, (d). memelihara, mengawasi dan mengolah tata usaha perbekalan, (e). mengatur pemakaian peralatan, (f). menyusun inventarisasi dan laporan secara berkala tentang keadaan peralatan dan perbekalan serta penggunaannya, (g). melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemeliharaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pemanfaatan Jalan dan Jembatan, mempunyai tugas :
(a). melakukan pendataan, pengkajian, penelitian dan pemantauan tentang manfaat status jalan dan jembatan, (b). melakukan penyuluhan dan pembinaan terhadap pemanfaatan jalan dan jembatan, (c). melakukan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pemeliharaan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kelompok Jabatan Fungsional

1. Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas teknis Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga sesuai dengan bidang keahlian dan kebutuhan serta berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Kelompok Jabatan Fungsional, terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan keahliannya.
3. Kelompok Jabatan Fungsional, dipimpin oleh seorang tenaga fungsional senior dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga.
4. Jumlah Jabatan Fungsional ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
5. Jenis dan jenjang jabatan fungsional diatur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tata Kerja

1. Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik didalam lingkungan dinas serta instansi/lembaga lain yang terkait.
2. Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga melaksanakan koordinasi pengawasan melekat.
3. Setiap pimpinan pada unit  organisasi dalam lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga bertanggungjawab serta memberikan bimbingan, pedoman dan petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan.
4. Setiap pimpinan dan bawahan unit organisasi di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga wajib mengikuti dan mematuhi pedoman dan petunjuk atasan, serta melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung secara berkala dan tepat waktu.

 
ANDA BERADA DI: Depan Dinas PU Bina Marga

Login Webmail

Email
Kata Sandi

Redaksi Website

Bagian Kominfo Setda Kab. Probolinggo

  • Jalan: Raya Dringu 901 Probolinggo
  • Tel: +62335 421291
  • Fax: +62335 421292
  • Email: redaksi@probolinggokab.go.id
  • Website: Kab. Probolinggo