Dinas PU Pengairan

Email Cetak

KANTOR DINAS PU PENGAIRAN KABUPATEN PROBOLINGGO
Jl. Raya P. Sudirman 45 Kraksaan - Probolinggo
Telp. 0335 - 841 202

STRUKTUR ORGANISASI
Kepala Dinas : Ir. Rachmad Waluyo, M.Si
Sekretaris : Drs. Sentot Dwi Hendriyono, M.Si.
Kasubbag. Umum dan Kepegawaian : Mochamad Halil, SH., M.Hum.
Kasubbag. Keuangan : Emmi Setiyani, S.Sos.
Kasubbag. Perencanaan : Muhammad Said, S.Sos. M.Si.
Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian : Febrya Ilham Hidayat, ST., MM.
Kasi. Perencanaan Teknis : Suyanto, ST., MM.
Kasi. Pembangunan : Suharto, S.Sos.
Kasi. Pengendalian : Asrul Bustami, ST., MM.
Kepala Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan : Gofar Sidik, ST.
Kasi. Operasi dan Pemeliharaan : Juli Hendra Setiawan, ST., MM.
Kasi. Pengembangan : Nur Khamidah Maulidiah, ST.
Kasi. Peralatan dan Perbekalan : Sudjimanto, S.Sos.
Kepala Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi : Achmad Arifin, S.Sos.
Kasi. Irigasi Perdesaan : Wahyoedi Eko Santoso, S.Sos.
Kasi. Energi dan Sumber Daya Mineral : Fakhrurrozi, SE. MM.
Kasi. Bina Manfaat : Subagiyo, S.Sos.
Kepala UPTD Wilayah Besuk : Edy Sunyoto, SH. MM.
Kepala UPTD Wilayah Sumberasih : Triono, S.Sos. MM.
Kepala UPTD Wilayah Krejengan : Ria Lutvi Diarini, ST.

PROGRAM RPJMD
Visi
Terwujudnya Kabupaten Probolinggo yang sejahtera, berkeadilan, mandiri, berwawasan lingkungan, dan berakhlak mulia.

Misi
Mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi yang berbasis kerakyatan, dan optimalisasi pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan. (Rumusan ini merupakan misi yang nomor 1 dari 2 misi).

Tujuan
(a). Meningkatnya perekonomian daerah. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 1 dari 5 tujuan), (b). Meningkatkan daya saing daerah. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 2 dari 5 tujuan), (c). Meningkatnya pengelolaan sumber data yang berkelanjutan. (Rumusan ini merupakan tujuan yang nomor 3 dari 5 tujuan).

Sasaran
(a). Peningkatan ketahanan pangan melalui optimalisasi produksi pertanian tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 1 dari 7 sasaran), (b). Percepatan pembangunan infrastruktur dan investasi daerah. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 3 dari 7 sasaran), (c). Pelestarian lingkungan hidup dan pencegahan bencana. (Rumusan ini merupakan sasaran yang nomor 4 dari 7 sasaran).

Program RPJMD
(a). Program pengembangan kawasan agropolitan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 1 dari 32 program), (b). Program peningkatan ketahanan pangan pertanian/perkebunan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 2 dari 32 program), (c). Program peningkatan produksi serta pengelolaan dan pemasaran pertanian/perkebunan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 3 dari 32 program), (d). Program penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan sumber daya air. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 11 dari 32 program), (e). Program pengembangan tata ruang permukiman dan perumahan. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 12 dari 32 program), (f). Program perlindungan dan konservasi SDA. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 14 dari 32 program), (g). Program pencegahan dan penanggulangan bencana. (Rumusan ini merupakan program yang nomor 16 dari 32 program).

Program Satker (SKPD)
(a). Program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi, rawa dan jaringan pengairan lainnya, (b). Program penyediaan dan pengelolaan air baku, (c). Program pembinaan dan pengembangan bidang ketenagalistrikan, (d). Program perencanaan prasarana wilayah dan sumber daya alam, (e). Program peningkatan penerapan teknologi pertanian/perkebunan, (f). Program pembangunan saluran drainase/gorong-gorong, (g). Program rehabilitasi/pemeliharaan normalisasi sungai, (h). Program normalisasi saluran pembuang/afour, (i). Program pengembangan kinerja pengelolaan air minum dan air limbah, (j). Program pembinaan dan pengawasan bidang pertambangan.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Dinas Pekerjaan Umum Pengairan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dibidang pekerjaan umum pengairan.
Untuk melaksanakan tugas, Dinas Pekerjaan Umum Pengairan mempunyai fungsi :(a). perumusan kebijakan perencanaan dalam pengelolaan irigasi dan pembangunan jaringan irigasi, (b). pelaksanaan penyediaan dan pembagian air irigasi serta pelaksanaan pembangunan, operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi, (c). pelaksanaan bimbingan, pembinaan dan pengelolaan perijinan dibidang irigasi, (d). pelaksanaan pengawasan dan pengendalian teknis dibidang irigasi, (e). pengelolaan administrasi umum, (f). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Susunan Organisasi
1. Dinas Pekerjaan Umum Pengairan, terdiri dari : (a). Kepala Dinas, (b). Sekretariat, (c). Bidang Pembangunan dan Pengendalian, (d). Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan, (e). Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi, (f). Kelompok Jabatan Fungsional, (g). UPTD.
2. Sekretariat dan Bidang, masing-masing dipimpin oleh seorang Sekretaris dan Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Dinas.

Sekretariat
1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi urusan surat menyurat, kepegawaian, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, protokol, hubungan masyarakat, pemeliharaan, penyusunan program dan perencanaan serta laporan dinas.
2. Untuk melaksanakan tugas, Sekretariat mempunyai fungsi : (a). penyiapan bahan dalam rangka penyusunan anggaran dan pertanggungjawaban keuangan, (b). pelaksanaan pembinaan organisasi dan tatalaksana, (c). pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan dan inventarisasi, (d). pengelolaan unsur rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan, (e). penyiapan data informasi, kepustakaan dan hubungan masyarakat, (f). pelaksanaan perencanaan dan pelaporan kegiatan dinas, (g). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat, membawahi :

(a). Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, (b). Sub Bagian Keuangan, (c). Sub Bagian Perencanaan.
Masing-masing Sub Bagian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Sub Bagian:
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas  :
(a). melaksanakan urusan kesekretariatan, tata kearsipan dan data kepegawaian, (b). menyusun rencana kebutuhan serta pemeliharaan perlengkapan dan peralatan kantor, (c). menyusun perencanaan dan mengurus pemeliharaan serta keamanan kantor, (d). mengurus tugas keprotokolan dan perjalanan dinas, (e). melaksanakan kegiatan pemberian informasi dan hubungan masyarakat, (f). memproses tentang kedudukan hukum pegawai dan upaya peningkatan kemampuan pegawai, (g). menyiapkan bahan untuk menyusun dan menyempurnakan organisasi dan tatalaksana, (h). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :
(a). melaksanakan penatausahaan keuangan baik belanja langsung maupun belanja tidak  langsung, (b). melaksanakan pembayaran gaji pegawai dan pembayaran keuangan lainnya, (c). menyusun laporan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan, (d). mengurus keuangan perjalanan dinas dan menyelesaikan tuntutan ganti rugi, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perencanaan, mempunyai tugas :
(a). menghimpun data dan menyusun rencana anggaran belanja langsung maupun belanja tidak langsung, (b). menyusun rencana kebutuhan bahan sarana prasarana dinas, (c). menyusun rencana kerja dan laporan kegiatan pertanggungjawaban dinas, (d). melaporkan kegiatan pelaksanaan pekerjaan rutin bulanan dan tahunan, (e). menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta menyajikan data statistik hasil kegiatan dinas, (f). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pembangunan dan Pengendalian
1. Bidang Pembangunan dan Pengendalian mempunyai tugas menyusun program dan perencanaan teknis, pelaksanaan dan pelaporan pembangunan.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pembangunan dan Pengendalian mempunyai fungsi : (a). pelaksanaan survey,  penelitian dan pemetaan, (b). penyusunan rencana teknis dan program pelaksanaan pembangunan jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (c). pelaksanaan pembangunan, peningkatan, pengendalian, pengawasan jaringan irigasi, drainase beserta bangunan di sungai, (d). pemantauan dan evaluasi dampak lingkungan serta manfaat pembangunan pengairan, (e). penyusunan laporan pelaksanaan dan pengendalian pembangunan jaringan irigasi, drainase beserta bangunan di sungai, (f). pelaksanaan pengendalian banjir dan penanggulangan akibat bencana alam, (g). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pembangunan dan Pengendalian, membawahi :
(a). Seksi Perencanaan Teknis, (b). Seksi Pembangunan, (c). Seksi  Pengendalian.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah bertanggungjawab langsung kepada Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Perencanaan Teknis mempunyai tugas :

(a). melaksanakan survey, pemetaan penelitian dan penyelidikan untuk menyusun perencanaan teknis jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (b). melaksanakan studi kelayakan dan analisa dampak lingkungan serta melaksanakan dokumentasi teknik bidang pengairan, (c). menyiapkan bahan penyusunan rencana teknis pembangunan, peningkatan dan pengendalian sarana pengairan, (d). melaksanakan pemantauan dan evaluasi dampak lingkungan serta manfaat pembangunan pengairan, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pembangunan, mempunyai tugas  :

(a). menyiapkan bahan untuk pelaksanaan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (b). melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (c). melaksanakan kegiatan analisa dampak lingkungan serta melaksanakan dokumentasi teknik bidang pengairan,

(d). melaksanakan pemeliharaan drainase dan bangunan di sungai, (e). melaksanaan pengendalian banjir dan penanggulangan akibat bencana alam, (f). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pengendalian, mempunyai tugas :
(a). menyiapkan bahan dalam rangka pengendalian pelaksanaan pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (b). melaksanakan pengendalian pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (c). melaksanakan pemantauan dan evaluasi serta menyusun laporan pelaksanaan pengendalian pembangunan serta rehabilitasi jaringan irigasi, drainase dan bangunan di sungai, (d). melaksanakan pemantauan studi kelayakan dan analisa dampak lingkungan serta melaksanakan dokumentasi teknik bidang pengairan, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian sesuai dengan tugas dan fungsinya

Bidang Operasi, Pemeliharaan dan Pengembangan

1. Bidang Operasi, Pemeliharaan dan Pengembangan mempunyai tugas menyusun program operasi dan pemeliharaan, pengembangan, perencanaan, penyediaan air irigasi, menyelenggarakan pembinaan, pengawasan, pengendalian operasi, pemeliharaan jaringan irigasi serta merencanakan dan menetapkan tata tanam.
2. Untuk melaksanakan tugas,  Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan mempunyai fungsi : (a). penyusunan program operasi serta pemeliharaan jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya, (b). perencanaan operasi serta pemeliharaan jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya, (c). perencanaan serta penetapan tata tanam dan pembagian air irigasi, (d). perencanaan dan pelaksanaan penyediaan air irigasi, (e). pembinaan, pengawasan dan pengendalian operasi serta pemeliharaan jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya, (f). pelaksanaan pengendalian banjir dan penanggulangan akibat bencana alam pada jaringan irigasi serta bangunan pelengkapnya, (g). pengelolaan hidrologi dan hidrometri, (h). pengembangan jaringan irigasi dalam rangka pencetakan sawah dan intensitas tanam, (i). peningkatan dan pengembangan sumber daya air permukaan, (j). pelaksanaan pembinaan, pengawasan serta pengendalian garis batas luar pengamanan sungai, danau, waduk, mata air dan jaringan irigasi, (k). pelaksanakan pengadaan, penggunaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventarisasi barang peralatan dan perbekalan, (l). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan, membawahi:
(a). Seksi Operasi dan Pemeliharaan, (b). Seksi Pengembangan, (c). Seksi Peralatan dan Perbekalan.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Pembangunan dan Pengendalian sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Operasi dan Pemeliharaan, mempunyai tugas :

(a). melaksanakan inventarisasi luas sawah, jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya, sumber/mata air, sumber air tanah dan sumber air lainnya, (b). melaksanakan penelitian dibidang operasi serta pemeliharan, hidrologi dan hidrometri, (c). merencanakan dan melaksanakan penyediaan air irigasi serta penetapan prioritas pembagian air, (d). menyiapkan bahan untuk penyusunan, penetapan tata tanam pembagian air irigasi serta pedoman dan tatalaksananya, (e). melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya serta pelaksanaan penggunaan air irigasi dan tata tanam, (f). menyusun laporan tentang pelaksanaan operasi dan pemeliharaan pemanfaatan air irigasi, dan bangunan pelengkapnya, (g). menyusun pelaporan tentang pelaksanaan pemeliharaan jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya serta penanggulangan akibat bencana alam pada saluran irigasi, (h). melaksanakan koordinasi terhadap penertiban sempadan air, bangunan diatas jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya, (i). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pengembangan, mempunyai tugas :

(a). melaksanakan inventarisasi luas sawah non irigasi  dan pengembangan jaringan irigasi, (b). menyiapkan bahan untuk penyusunan perencanaan penambahan air baku dan bangunan pelengkapnya dalam rangka kegiatan pengembangan jaringan irigasi, (c). menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan untuk pemberdayaan dalam rangka kegiatan pengembangan jaringan irigasi, (d). meningkatkan jaringan irigasi dalam rangka perluasan/pencetakan sawah dan intensitas  tanam, (e). melaksanakan peningkatan dan pengembangan sumber daya air permukaan dan sumber air lainnya, (f). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Peralatan dan Perbekalan, mempunyai tugas :
(a). menyusun rencana kebutuhan barang, peralatan, perbekalan dan sarana prasarana dinas, (b). melaksanakan pengadaan, penggunaan, penyimpanan serta pemeliharaan barang peralatan dan perbekalan, (c). menyiapkan bahan untuk menyusun alokasi serta melaksanakan distribusi barang peralatan dan perbekalan, (d). menyiapkan bahan untuk penghapusan barang serta melaksanakan inventarisasi barang yang dikelola maupun yang dikuasai dinas, (e). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Operasi Pemeliharaan dan Pengembangan dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi

1. Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi mempunyai tugas melaksanakan pembinaan, pengendalian, pengawasan, evaluasi terhadap kegiatan irigasi perdesaan, irigasi tersier, inventarisasi sumberdaya mineral, pertambangan dan konservasi serta melaksanakan koordinasi pelayanan perijinan aset dan rekomendasi teknis untuk kegiatan pengembangan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya energi non migas dan mineral.
2. Untuk melaksanakan tugas, Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi  mempunyai fungsi : (a). pelaksanaan pembinaan, pengawasan serta pengendalian pembangunan perbaikan jaringan tersier, pertambangan umum dan pengembangan sumber daya energi non migas, (b). penyiapan rekomendasi pertambangan umum, kegiatan pengembangan eksplorasi dan eksploitasi sumber daya energi non migas, (c). pelaksanaan proses perijinan pengelolaan tanah stren/bekas kali/bekas waduk dan pemanfaatan air irigasi, (d). pembinaan/pelatihan, penyuluhan pengairan, pemantauan dan evaluasi pemanfaatan serta dampak pembangunan pengairan, (e). penyusunan inventarisasi jaringan irigasi yang dikelola oleh masyarakat/himpunan petani pemakai air,

(f). peningkatan sumber daya manusia aparatur dan pemberdayaan lembaga pengelola irigasi, (g). pengawasan dan pengendalian kualitas air permukaan dan sumber air lanilla, (h). pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi, membawahi :
(a). Seksi Irigasi Perdesaan, (b). Seksi Energi dan Sumber Daya Mineral, (c). Seksi Bina Manfaat.
Masing-masing Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi.

Tugas Pokok dan Fungsi Masing-masing Seksi:
Seksi Irigasi Perdesaan, mempunyai tugas :

(a). menyiapkan bahan pembinaan serta penyusunan perencanaan teknis pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi tersier dan irigasi perdesaan, (b). melaksanakan penyediaan, pemberian serta pembagian air irigasi tersier dan irigasi perdesaan, (c). menyiapkan bahan dalam rangka pembinaan, pengawasan serta pengendalian pembangunan dan perbaikan pengairan desa/irigasi tersier dan irigasi  perdesaan, (d). melaksanakan pemantauan evaluasi serta pelaporan tentang pembangunan dan perbaikan jaringan irigasi tersier dan irigasi perdesaan, (e). melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan lembaga pengelola irigasi, (f). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Energi dan Sumber Daya Mineral, mempunyai tugas :

(a). menyiapkan bahan petunjuk dan pembinaan terhadap pertambangan umum dan pengembangan sumber daya energi non migas, (b). memberikan saran teknis pengeboran dan pengambilan air bawah tanah serta pelayanan uji kualitas air, (c). memberikan pembinaan dan pengawasan pengusahaan kuasa pertambangan dan keselamatan, kesehatan kerja lingkungan pertambangan reklamasi lahan pasca pertambangan, konservasi lahan dalam wilayah kabupaten, (d). melaksanakan perijinan eksplorasi dan eksploitasi air bawah tanah dan pertambangan umum, (e). menetapkan Rencana Umum Ketenaga Listrikan Daerah (RUKD), (f). menyiapkan bahan untuk pemberian ijin penggunaan air irigasi dan jaringan irigasi bagi perorangan maupun badan usaha, (g). memberikan Ijin Usaha Kelistrikan untuk Kepentingan Umum (IUKU) yang sarana maupun energi listriknya berada dalam wilayah kabupaten, (h). memberikan Ijin Usaha penyediaan tenaga listrik untuk Kepentingan Sendiri (IUKS) yang sarana instalasinya berada dalam wilayah kabupaten, (i). menyiapkan rekomendasi pertambangan umum dan pengembangan sumber daya energi non migas, (j). menyiapkan bahan untuk perencanaan dan penetapan perubahan atau pembongkaran bangunan pada jaringan irigasi, drainase dan bangunan pelengkapnya, (k). melaksanakan pendataan dokumentasi inventarisasi perijinan pertambangan umum dan pengembangan sumber daya energi non migas, (l). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Bina Manfaat, mempunyai tugas :
(a). menyiapkan bahan petunjuk dan pembinaan terhadap para pengelola serta pemanfaatan pengairan, (b). melaksanakan pembinaan dan penyuluhan tentang dampak pembangunan pengairan, (c). melaksanakan bimbingan teknis terhadap lembaga pengelola irigasi, pertambangan umum dan pengembangan sumber daya energi non migas, (d). melaksanakan pembinaan teknis aparatur, (e). melaksanakan pengawasan, pengendalian air bawah tanah dan kualitas air permukaan, (f). melaksanakan kegiatan penertiban terhadap sempadan air, bangunan diatas jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya, (g). melaksanakan pengkajian permohonan ijin, penetapan ijin serta mengawasi pelaksanaan mendirikan, mengubah ataupun membongkar bangunan-bangunan lain yang berada didalam, diatas maupun yang melintasi jaringan irigasi, drainase dan bangunan pelengkapnya, (h). melaksanakan pendataan dokumentasi inventarisasi perijinan penggunaan air permukaan dan sumber air serta jaringan irigasi, (i). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Irigasi Perdesaan dan Energi sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kelompok Jabatan Fungsional
Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Pekerjaan Umum Pengairan sesuai dengan keahliannya.
(1). Kelompok Jabatan Fungsional, terdiri dari sejumlah tenaga dalam jenjang jabatan fungsional yang terbagi dalam kelompok sesuai dengan bidang keahliannya. (2). Setiap kelompok, dipimpin oleh seorang tenaga fungsional senior yang ditunjuk dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas. (3). Jumlah tenaga fungsional, ditentukan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.(4). Jenis dan jenjang fungsional, diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

U P T D
(1). UPTD adalah unsur pelaksana teknis Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dilapangan. (2). UPTD, mempunyai tugas : (a). melaporkan perkembangan keadaan luas sawah, jaringan irigasi dan bangunan perlengkapannya, sumber/mata air, sumber air tanah dan sumber air lainnya, (b). melaporkan keadaan operasi dan pemeliharaan, hidrologi dan hidrometik, (c). melaporkan hasil pemantauan dan mengevaluasi teknologi jaringan irigasi dan bangunan perlengkapannya serta pelaksanaan penggunaan air irigasi dan tata tanam, (d). melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas. (3). UPTD dipimpin oleh seorang Kepala UPTD yang berada dibawah dan bertanggungjawab langsung kepada Kepala Dinas. (4).    UPTD membawahi Sub Bagian Tata Usaha dan Kelompok Jabatan Fungsional.

Tata Kerja
Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik dalam lingkungan masing -masing maupun antar satuan organisasi dalam Dinas serta dengan instansi lain diluar Dinas sesuai dengan tugas pokok masing - masing.
(1). Dalam melaksanakan tugasnya Kepala Dinas wajib menerapkan prinsip koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik dilingkungan dinas serta dengan instansi/lembaga lain yang terkait. (2). Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan melaksanakan koordinasi pengawasan melekat. (3). Setiap pimpinan pada unit organisasi dalam lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan bertanggung jawab serta memberikan bimbingan, pedoman dan petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan. (4). Setiap pimpinan dan bawahan unit organisasi dilingkungan Dinas Pekerjaan Umum Pengairan wajib mengikuti dan mematuhi pedoman dan petunjuk atasan serta melaporkan hasil pelaksanaan tugasnya kepada atasan langsung secara berkala dan tepat waktu.

 
ANDA BERADA DI: Depan Dinas PU Pengairan

Login Webmail

Email
Kata Sandi

Redaksi Website

Bagian Kominfo Setda Kab. Probolinggo

  • Jalan: Raya Dringu 901 Probolinggo
  • Tel: +62335 421291
  • Fax: +62335 421292
  • Email: redaksi@probolinggokab.go.id
  • Website: Kab. Probolinggo